Back to Top
home contact portfolio music video history calendar links rss
Recent Post

Free streaming dan download Frozen + sub indo

Yeeeyy >-< Yusuf comeback hahahaha udh lama ga buka blog. biasa orang sibuk. sibuk ngapain coba?

Yusuf.a.r udh nonton Frozen 3D loh hahahahha *nora

Film disney yang satu ini sangat sayang di lewatkan... langsung aja dehh...


Frozen
Film animasi "Frozen" bercerita tentang kisah petualangan seorang gadis bernama Anna (Kristen Bell) dan kawan-kawannya dalam melawan Snow Queen (Idina Menzel). Karena ulah nakal Snow Queen, seluruh wilayah kerajaan membeku dan rakyat menderita karena kedinginan. Snow Queen sebenarnya merupakan kakak Anna yang bernama Elsa.
 Dengan meminta bantuan Kristoff (Jonathan Groff) dan boneka salju lucu bernama Olaf (Josh Gad), Anna berusaha menemukan Snow Queen. Berbagai kejadian lucu pun mewarnai perjalanan mereka. Berhasilkan Anna dan teman-temannya melawan Snow Queen dan menyelamatkan semua teman-temannya? 
-streaming klik dibawah ini

-download klik di bawah ini


Sumber: biskop 25 dan animeindo.tv 

Terimakasih...

You’re Ghost Handsome Part 4


 Main Cast:

- Sami Yusuf as Sami


 










- IU as IU (Lee Ji-eun)

 













- Burkely Duffield as Eddie
- Jade ramsey as patrica
-Ana mulvoy ten as amber
- Sin min ah as min ah
- choi jin hyuk as guru choi

Genre:  COMEDY, FANTASY, ROMANCE
Written by: Yusuf.A.R

Part 4
“APA AMERIKA!!!” Ucap IU Kaget
“Ia emangnya kenapa IU?” Tanya patrica
“aku harus beritahu sami!” Ucap IU dalam hati
“si sami mana kok ga ada?” IU melihat di sekeliling restautant
“IU ada apa si? Ko kamu celingak-celinguk nyari apaan?” Tanya amber
“temen-temen aku harus pergi sekarang!” IU langsung berdiri dan tiba-tiba tangan Iu digenggam amber
“tidak! Tidak boleh! Kita kan baru ngumpul belum aja makanannya siap!” ucap amber sambil menggengam tangan IU supaya IU tidak pergi
“Ia IU ini sikapnya aneh sekali pokonya kamu tidak boleh pergi kalau kamu pergi kami marah sama kamu” ucap patrica
“Ia bener kalau kamu pergi kami marah” ucap amber
“tapi… tapi… ini…” kata IU terbata-bata ingin mencari alasan
“sudah duduk saja” amber  berdiri dan memegang bahu IU dan menekannya kebawah sehingga IU duduk kembali
“duh gimana nih? Si sami kemana si?” ucap IU dalam hati

Makanan sudah jadi dan sudah diletakan di atas meja makan
“Horee makanannya sudah jadi” ucap amber
“yay aku laper sekali ayo makan! IU dimakan jangan diam saja!” ucap patrica sambil memegang sendok dan garpu
“ahhh ia ia…” ucap Iu tersenyum kepada kedua temannya. “yasudahlah nanti saja aku akan kasih tahu setelah pulang dari sini” ucap IU dalam hati

Di depan restaurant
“enak sekali mereka pada makan-makanan restaurant lebih baik aku pergi dari sini daripada menunggu IU makan” sami berbicara sendiri
tiba-tiba min ah datang tepat di depan sami “hahahahaha kasihan sekali tidak di ajak makan!” min ah berkata tepat di depan sami
“huaaa MIN AH! kenapa si kalau datang selalu mengangetkan ku!” ucap sami terkejut
“hahahha maaf tidak sengaja” ledek min ah
“ITU sengaja tau!” ucap sami sambil berjalan
“kau mau kemana?” Tanya min ah
“entah lah” ucap sami sambil terus berjalan
“kau sudah makan?” Tanya min ah
“Belum” ucap sami sambil menggelengkan kepalanya
“jadi selama kamu jadi hantu kamu tidak makan apa-apa?” min ah terkejut
“makan lah masa ga makan bisa kelaperan kalau ga makan”
“terus makan apa? Jangan bilang kalau makan  makanan manusia?”
“Ia lah makan makanan manusia, emangnya kenapa?”
“haaa yang bener saja emangnya makanan manusia itu enak?” Tanya minah
“ia lah”
“hantu ini aneh ayo ikut aku” minah membawa sami menghilang
“HAY MIN AH AKU DIBAWA KEMANA!” sami terkejut

Di situ ada ruangan yang pintunya besar sekali di dalamnya ada dapur yang besar.
“wahhh ini dapur… wahhh banyak makanan, ini boleh dimakan? ” sami buka kulkas
“ia makan saja tapi jangan banyak-banyak itu jatahku dari atasanku”
“wahhh banyaknya apakah kamu sehari makan sebanyak ini?”
“udh cepat makan sebelum aku berupa pikiran”
“yaa aku makan, selamat makan...” sami makan dengan lahap

Setelah makan
“huaaa kenyang sekali hahahaha” ucap sami
“enak kan? Hahaha sekarang ajak aku muter-muter ke dunia manusia” ucap min ah
“ah ngga ah males” ucap sami sambil bersenderan di tembok dapur
“YAYAYAYAYA harus ayo!” min ah membawa sami kembali ke dunia manusia
“min ah ini! Seenaknya saja membawa aku menghilang, si IU udh selsai makan belum yah” sami melihat dari depan restaurant
“hahahahha sorry hay apa yang kamu lakukan?” ucap min ah heran melihat sami yang sedang mengintip kaca restaurant
“ini bukan urusan mu, ah mereka itu ngomong apa ya” ucap sami
“oooo… melihat orang makan padahalkan kamu udh makan banyak…”

Sami terus mengamati Iu dari depan restaurant dan tiba-tiba ada adik sami datang  dengan teman-teman cowoknya ke meja makan IU, patrica dan amber.
Di dalam restaurant
“Wahhh mereka datang “ ucap patrica gembira
“siapa? Siapa yang datang?” Tanya amber
“HAY semuanya maaf aku telat” ucap eddie
“hahaha tidak apa silakan duduk” ucap patrica
“ia ia hahaha oyy ini temen ku SMP dulu ini namanya febian dan ini James” eddie memperkenalkan kedua temannya
“Hayy salam kenal” ucap febian dan james
“gilee IU ganteng-ganteng banget” bisikan amber ke IU
“Iaaa OMG” Iu hatinya berdebar-debar
“kenapa kamu lama si datangnya?” tanya patrica
“heheheh maaf beb macet, mobil ku tadi tidak bisa bergerak”
Dan akhirnya mereka makan sambil ngobrol-ngobrol.
Sedangkan sami
“Huft!!! Bakalan lama nih” ucap sami.
“ayoo jalan-jalan” ucap min ah sambil mengedip”kan mata genitnya.
“akuu males jalan aku capek”
Tiba-tiba minah mengeluarkan sihirnya sehingga mereka sami dan minah melayang di udara
“apa yang kamu lakukan” ucap sami bingung “eh turunin!!!”
“ terbanglah bersama ku” ucap min ah sambil tersenyum
“hah?” sami mulai menggerakkan badannya melayang kesana-kemari. “wow gimana ini ga bias berhenti”  tiba-tiba tangan sami digenggam minah.
“akuu tau kamu sangat tertekan dan stres ketika kamu seperti ini tapi ini adalah takdirmu, bersenang-senang lah” ucap minah sambil terbang bersamaan dan tersenyum pada sami.
“eee.. ya ok…  tapi ini ga papakan ga jatuh” ucap sami panic
“hahaha tenang saja selagi dengan minah kita akan terbang bebas seperti burung”
“eee ok” sami berpegangan sangat erat pada tangan min ah.
“hahahaha dia terlihat lucu ketika ketakutan” kata minah dalam hati

(ini terbangnya ga kaya di indosiar yah XD)

Sedangkan IU
IU dan teman-temannya selsai makan dan akhirnya mereka pulang kecuali IU yang masih menunggu di depan restaurant tepat IU makan tadi.
“hoamm sami mana yak?” ucap IU
Iu menunggu sami berjam-jam.
“dimana dia!!!” marah-marah sendiri.
setelah itu sami muncul dengan minah dari atas langit.
“HA?” kaget melihat sami terbang.
“hahahaha sorry menunggu lama kita abis terbang” loh aku naik ke atas monas lohh” ucap sami nora
“Sekarang kamu jadi hantu gila” o,o
“kau yang gila. Aku mau terbang kesana lagi aku udh bisa terbang ini menyenangkan loh…” sami udh bisa mengendalikan tubuhnya yang terbang
“YAAA!!! Dia pergi lagi!!! Orang itu” Iu marah-marah sendiri
Disaat itu minah masih berdiri di depan IU
“kenapa?” ucap IU bingung melihat min ah terus berdiri di depannya
“apa kau yakin akan bilang kepadanya?”
“bilang apa? Terus kamu siapa?”
“ohh iyaa maaf aku belum memperkenalkan diri. Aku min ah” ucap minah sambil memperkenalkan diri
“kamu hantu juga? O,o”
 “iyaa aku yang waktu itu muncul mau menusukmu dengan kuku jari ku”
“aku rasa aku bisa gila kenapa aku bisa lihat hantu sekarang!!! Ohh my god, eh tapi kok kamu berbeda  kamu ga serem sebelum aku bertemu denganmu kamu sangat seram dan menakutkan”
“yaa ini wujud asli ku sekarang kalau kamu macam-macam dengan sami aku akan marah dan berbuah lagi!!!”
“oke sorry soal waktu yang itu, ohh iya tadi kamu bicara tentang apa”
“tentang sami yang akan pergi ke amerika, kau yakin akan bilang sekarang? Aku takut ketika dia mendengar ini dia akan syok dan pergi”
“aku bingung tapi selasa dia akan di kirim amerika. Bagaimana ini!”
“kau adalah satu-satunya wanita yang bisa melihat sami”
“ha? Maksut mu? “ucap IU bingung
“kau satu-satunya yang bisa menyelamatkan sami. Tapi jika jasad sami di bawa pergi ke amerika maka jiwa sami tidak akan bisa jauh otomati sami tidak bisa bertemu mu sami akan terus menjadi roh selamanya atau dia akan memilih kematian”
“APA? Kenapa hanya aku yang bisa melihatnya” IU syok
“ini adalah takdir kalian”

Tiba-tiba sami datang “hmm-hmm” batuk sami (emang hantu bisa batuk yah o,o)
 “Sami!!!” minah dan IU kaget karena kedatangan sami yang tiba-tiba
“kenapa? IU ayo pulang… aku capek nih” ucap sami sambil tersenyum
IU ketakutan, IU takut kalau sami mendengar pembicaraannya dengan minah.
 “kenapa si muka kamu aneh sekali, kenapa kamu melototin aku.”
“aku aku” ucap IU gagu
Dan tiba-tiba sami memeluk IU “kenapa kau takut apa yang membuat mu takut”
tiba-tiba IU mengeluarkan air mata
“kenpa? Kenapa kau menangis?”  
Min ah merasakan hal aneh “ini, apa yang terjadi!” ucap min ah dan tiba-tiba min ah menghilang
Sami terus memeluk IU sampai akhirnya IU berhenti menangis
“sudah selsai? sekarang ayo pulang” sami melepaskan pelukannya
IU masih terdiam berdiri
“ayoo!” sami mengegam tangan IU dan pergi pulang



Sebelum pulang mereka mampir   di taman yang ada danaunya bisa di bilang tampat nongkrong IU
sami masih mengganggam tangan IU sampai mereka duduk di taman “maaf” sami melepaskan genggamannya. “Iu” ucap sami sambil memandang danau
“Iya”
“kenapa tadi kamu menangis?” Tanya sami
“apakah kamu akan pergi meninggalkan ku?” Tanya IU
“ohhh hahaha jadi kamu takut kalau aku pergi, yaudah aku tidak akan terbang jauh-jauh lagi”
“Bukan… maksutku kau tidak akan pergi menjauh dariku kan?” Tanya IU lagi
“hmm menurutmu?”
“Menurutku tidak karena aku adalah tuan putri dan kamu pangeran tertidurku seperti di cerita dongeng” IU mulai tersenyum
“tapi menurutku IYA aku akan pergi”  ucap sami sambil menoleh ke arah IU dan menatap IU
“…hah?”
“aku akan pergi kehatimu dan di hatimu itu khusus untuk ku tidak ada siapa-siapa yang tinggal kecuali aku aku dan aku” ledek sami
 “yaaa!!! dasar hantu gombal didalam hati ku hanya ada nenekku ibuku ayahku temen-temenku dan… ”
“SAMI YUSUF” ucap sami memotong pembicaraan IU
“ hhahahaha” IU mulai tertawa
“kenapa ketawa? Kenapa si kamu selalu membuat aku bingung!” ucap sami marah
“kamu lucu tau hahaha” ketawa IU semakin keras
“apa yang lucu kalihh dasar aneh”
“aku sempat berpikir waktu aku pertama datang ke taman ini aku berpikir di danau ini terdapat putri duyung terus nanti putri duyunynya akan member ku emas-emas yang banyak dan aku akan jadi kaya raya hahaha” ucap IU ngaco
“hah? Kamu ngomong apa si? Ngaco dah hahaha”
“kedengaran lucu kan, tapi emang bener waktu awal datang kesini berpikirnya seperti itu, nanti nenekku tidak perlu berdagang lagi dehh”
“terus yang ngasih tempe goring ke aku siapa?”
“minta sama mama kau, hehehe” ledek IU
“zzz… hmm emang cita-cita kamu mau jadi orang kaya yang banyak uang yah” Tanya sami
“bukan, cita-citaku sudah gagal”
“gagal? Maksutnya? Emang cita-citamu apaan?”
“kamu kepo deh… hahaha…” IU meledek sami lagi
“iss kamu ini yah… udah lah males ngobrol sama kamu… ayo pulang aku capek” sami ngambek langsung menoleh kearah lain dan berdiri dari duduknya.
“hahaha kamu ngambek yah hahaha expresimu lucu sekali… hahaha sini duduk…”
“ngga ah males…”
“yayaya aku ga bercanda lagi sini duduk… nanti aku goring tempe goring dah… hihihi”
“OK” sami langsung duduk dengan cepat dan menatap IU dengan dekat “berapa yang ingin kamu buat”

“…” Iu terdiam sekejap  “eee… maaf terlalu hehehe…” wajah Iu memerah sambil menoleh kea rah lain
“… eee maaf” sami langsung menggeser duduknya dan menoleh kearah lain juga sambil menahan rasa malu
mereka saling berdiaman beberapa menit

“huffff hehehe” Iu menghembuskan nafasnya
“hehehe” sami tertawa malu
mereka salng bertatapan lagi
“kamu kenapa si ketawa? “ ucap IU sambil menahan ketawanya sehingga expresi Iu tersenyum senyum
“kamu juga kenapa ketawa? “ ucap sami sambil menahan ketawanya.
“entahlah…”
mereka saling berdiaman lagi
“Jadi cita-citaku itu sebenarnya sudah gagal” IU memulai pembicaraannya lagi
“gagal kenapa?” ucap sami sambil menoleh kea rah IU lagi
“karena mereka membenciku hihihi”
“hah? Kenapa? Emang cita-citamu apaan?” ucap sami penasaran
“membahagiakan orang tua”
“hah? Emang itu cita-cita?”
“menurutku itu cita-cita”
“ada apa dengan orang tuamu?”
“ayahku benci kepadaku karena ibu meninggal karena melahirkan ku, aku sama sekali tidak pernah merasakan mempunyai ibu hmm… pasti enak yah punya keluarga yang lengkap bisa kumpul-kumpul bareng keluarga. dulu ayah ku juga sukses kaya kamu banyak duit punya rumah besar tapi aku tidak pernah menikmatinya aku selalu salah di matanya setiap ayahku pulang aku masuk kedalam kamar aku takut  padanya kadang-kadang saat pulang kerja  dia marah ke aku tanpa sebab. Ayah ku sangat benci-benci dan benci sekali padaku sehingga ayahku mengirimkan aku kepada nenek. ayah ku tidak ada waktu untuk merawatku dia hanya bekerja-bekerja dan bekerja. Dan tiba-tiba ayahku bangkrut entah apa sebabnya. Ayahku sangat setres dan saat itu ayahku sedang sakit jantung aku bahkan tidak tahu kalau ayahku sakit dan akhirnya ayahku meninggal, saat itu aku membelikan  syal untuk ayahku yah walaupun harganya murah aku membelikannya  karena ayahku suka memakai syal saat pergi kerja. Disaat itu lah aku mendengar berita kalau ayahku telah meninggal karena penyakitnya, aku tidak percaya pada berita itu aku berlari kerumahku yang asli dan aku melihat sendiri ayahku yang sedang tidur dengan wajah yang sudah ditutupi kain putih aku sangat sedih saat itu aku menangis dan menangis andaikan aku bisa memberikan yang terbaik untuknya. Andaikan ayahku bisa menerima hadiahku  padahal syal itu hadiah pertamaku, hasil dari kerjaku membantu nenek berdagang.  … hmm… aku anak yang burukkan?  Aku bukan yang tebaik untuk ayahku, aku merindukannya aku rindu dengan suara marah-marahnya aku rindu dengan wajahnya saat tersenyum walaupun bukan tersenyum padaku…”

“…..” sami terdiam
“huff hehehe…” Iu tiba-tiba tertawa “kenapa kaget yah…”
 “maaf aku membuatmu cerita”
“gpp hehehe ,makanya kamu masih lengkap keluargnya banggakanlah orangtua mu”
“….iya”
“aku boleh minta permintaan?” pertanyaan IU
“iya kenapa?”
Iu menggenggam tangan sami “TETAP HIDUP dan ambillah cita-citaku yang gagal ini, kau pokonya harus mempunyai cita-cita sepertiku… yah sami, tetap hidup dan banggakan orangtuamu”
“insya allah”
“Janji yah tetap hidup”
“mmm… “ tiba-tiba tangan sami menyentuh kepala IU dan menyenderkan kepala IU ke pundak sami

“aku merasakan nyamanan bersamanya…  aku  merasa seperti di dalam cerita dongeng aku dan pangeran tertidurku...” ucap iu dalam hati sambil tersenyum-senyum sendiri.
“hari demi hari telah berlalu… mungkin ini adalah yang terkahirku bersamamu… yaa allah andai waktu membeku Terimakasih ya allah aku telah merasakan rasanya cinta” ucap sami dalam hati
------------
Tak terasa sudah sore mereka berudapun pulang menuju rumah IU, di saat itu minah sangat bingung minah merasakan  hal yang aneh ketika sami bersama dengan IU. Hantu cantik ini kebingungan mondar-mandir di depan pintu besar dan di samping itu terdapat aliran air yang jernih. jalanan di tutupi dengan rumput-rumputan yang segar dan di tanamkan berbagai macam bunga. Tiba-tiba pintu besar itu terbuka seorang laki-laki yang gagah dan tampan sedang berjalan keluar melalui pintu besar itu.
“guru” ucap minah sambil member hormat
Guru ini adalah guru termuda dari beberapa guru yang ada di dunia roh, guru ini bernama choi jin hyuk. Biasa di panggil guru choi.
“Guru choi aku merasakan hal aneh aku belum pernah melihat ini semenjak aku jadi roh”
“Hahahah pasti tentang sami dan IU”
“Ia aku merasakan…”
“kalau kau merasakan hal itu berarti mereka sudah saling mencintai”
“Hah? Yang benar” ucap min ah kaget
Mereka berbicara sambil berjalan pelan
“iya… kamu gak lihat sendiri”
“lihat apa?” min ah bingung
“sami sudah bisa menyentuh tubuh manusia yang di cintainya”
“wahhh bagus lahh… akhirnya sami menemukan cinta sejatinya” min ah girang
“hmm..” tiba-tiba guru choi berhenti berjalan di saat itu mereka berdua berada di atas jembatan yang dibawahnya air yang mengalir dengan jernih.
“guru choi kenapa berhenti kita harus merayakannya aku sudah berhasil dalam job ku sebagai roh”
“Sebenarnya cinta mereka tidak akan bersatu”
“haa? Maksud guru apa?”
“saat mereka saling mencintai mereka tidak akan bersatu”
“hah? Apaan si gajelas nih guru choi”
“ahh sudah lah”
“ceritakan yang benar guru... ini adalah sebagian dari pekerjaanku untuk mengetahui apa yang terjadi dengan mereka” ucap minah serius
“ok aku akan ceritakan itu setelah aku pulang dari pepergian”
“tidak guru aku butuh informasi itu sekarang apa maksudmu tentang cinta mereka tidak akan bersatu” ucap minah serius

dan akhirnya guru choi jin hyuk menceritakan semuanya yang akan terjadi pada IU dan sami. Minah sangat  syok mendengarnya.
“KAU SERIUS GURU!!!” ucap minah kaget
“ya ini adalah Perjanjiannya… itu adalah takdir merekah”
“Bohong guru bohong!!!” minah berlari meninggalkan guru choi sambil menangis
--------
Sedangkan IU
Sampai dirumah Iu pergi mandi dan beristirahat sebentar di ruang tamu
saat itu sami sedang di dalam kamar IU

Tiba-tiba nenek Iu datang
“IU kau disini” ucap nenek sambil duduk disamping IU
“ehh nenek… nek malam ini makan apa yak”
“makan apa yahh nenek juga bingung hahaha”
“hahaha nenek aku akan buat omelet saja yah” ucap Iu sambil berdiri dan ingin pergi menuju dapur
“ohhh iya tadi ada temen kamu si patrica dan amber mereka hanya mampir sebentar sewaktu sore tadi katanya sampaiin aja sama kamu besok mau ikut atau tidak pergi menganter kakaknya edi pergi kebandara untuk di rawat luar negri”
IU syok mendengar hal itu dan IU berlari kearah kamarnya dan ketika di kamarnya sami sudah pergi Iu melihat sebuah kertas yang bertulis “AKU SUDAH TAU SEMUANYA!!! Mungkin saat kamu melihat kertas ini mungkin aku sudah pergi jauh. Terimakasih atas semuanya” IU syok sampai-sampai meneteskan air matanya. “bodoh sami bodoh” ucap Iu sambil pergi keluar rumahnya untuk mencari sami.
Bersambung….
Apa yang sebenarnya terjadi dengan minah… kenapa minah bisa syok ketika mendengarkan guru choi? Apa yang dibicarakan oleh guru choi?
dan apakah IU berhasil untuk menemukan sami?
Tunggu aja di part selanjutnya terus ikutin ceritanya yah… maaf updetnya lama banget hahaha sibuk si
sibuk ngapain coba? Mau tau? tunggu aja di part selanjutnya XD




                                                                                                                                  Written by: Yusuf.A.R



FROZEN

 
FROZEN = rencananya sih bulan Desember awal mau nonton film ini.tapi mendekati UAS Smest 1. T,T yahh tapi kan bisa waktu libur UAS nontonnya uyeeyeye XD

tapi waktu liat trailernya lucu hahaha kayanya keren nih kaya film Epic harus nonton nih apalagi di buat 3D.

ohh iyaa film Frozen ini Creators(pembuat) dari film Tangled dan wreck it ralph dan film dua ini juga bagus tapi yang udh saya tonton itu tangled karena sering di putar di Disney channel. 















ok langsung aja kita liat treailernya. !!!

Ini trailer 1

Ini treiler 2

Ini yaa gitu liat aja sendiri XD


--- The END ---
By: Yusuf.A.R

Sejarah Penentuan Kalender Islam (Hijriyah)





Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram….-
(QS : At-Taubah :36)


            Tahun Baru Islam(awal Hijriah), 1 Muharram bertepatan dengan peristiwa besar ummat Islam yakni Hijrah. Hijrah Rasulullah beserta para sahabat dari kota Makkah menuju kota Madinah (622M).
Tradisi ini senantiasa mengingatkan kepada ummat Islam, terhadap perjuangan panjang Rasulullah dalam mengemban amanah sebagai utusan Allah SWT, membimbing ummat kepada jalan yang di ridhoi oleh Allah SWT.
Perjalanan menuju kota madinah (hijrah) yang dilakukan ummat Islam yang ketika itu Rasullah SAW dan para sahabat, diantaranya kaum Anshor dan Muhajirin dengan sembunyi- sembunyi di tengah kegelapan malam serta ketakutan yang menyelimuti mereka dari bayangan kaum Quraisy, kaum yang sangat kontra dan tidak setuju dengan adanya risalah Islam.
Dalam hal ini Allah SWT berfirman : “Dan (ingatlah), ketika orang-orang kafir (Quraisy) memikirkan daya upaya terhadapmu untuk menangkap dan memenjarakanmu atau membunuhmu, atau mengusirmu. Mereka memikirkan tipu daya dan Allah menggagalkan tipu daya itu. Dan Allah sebaik-baik Pembalas tipu daya.” (QS Al-Anfaal Ayat 30).
Ketika bersembunyi dari kejaran kaum Quraisy (dalam gua di bukit Tsur), para sahabat sangat tegang dan ketakutan menghantui. Karena apabila persembunyian mereka diketahui oleh kaum musyrik, tamatlah riwayat mereka, itulah perasaan yang menyelimuti hati para sahabat ketika itu.
Namun dengan tenang Rasulullah berkata, yang ketika itu kepada Abu Bakar.“ Tetapi dijawab oleh Rasulullah SAW, “Wahai Abu Bakar, jangan kamu kira kita hanya berdua saya. Sesungguhnya Allah berserta kita” (Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah beserta kita) QS At-Taubah ayat 40 (Sirah Nabawiyah oleh Dr. Muhammad Sa`id Ramadhan Al Buthy, Robbani Press)
Peristiwa hijrah mengigatkan kepada ummat Islam akan arti perjuangan membela agama Allah, perjuangan untuk berpindah dari kegelapan (bathil) menuju kebenaran (haq), dan hal ini menjadi keharusan ketika ummat telah tidak lagi meyakini yang benar itu benar dan yang salah itu tetap salah.
Hanif Hidayatullah dalam Buliran Hikmah Hijrah Rasulullah yang diterbitkan oleh Media Republika mengatakan, banyak sekali nilai, hikmah dan tauladan yang dapat diambil dari peristiwa hijirah  Rasulullah SAW dan para sahabat, diantaranya penepatan awal tahun Hijriah yang terinspirasi akan semangat dakwah menegakkan risalah Islam.


Penanggalan Hijriah

Dr. Thomas Djamaludin dalam Konsistensi Historis-Astronomis Kalender Hijriyah, mengatakan penanggalan awal tahun 1 Hijriah dilakukan pada tahun ke 6 setelah wafatnya Rasulullah SAW.

Penanggalan Hijriah ditetapkan pada masa kekhalifahan  Umar bin Al-khathab dalam  sebuah upaya rasionalisasi sistem penanggalan yang digunakan pada masa pemerintahannya, melihat banyaknya persoalan yang timbul akibat ketidakjelasakan masa awal dari penanggalan Hijriah.
Persoalan penentuan bulan contohnya yang dialami oleh Gubernur Basrah pada masa itu. Al-Baruni menyatakan bahwa Khalifah Umar bin Al-Khathab Menerima Surat dari Gubernur Basrah, dan dalam surat itu tertulis “Kami hingga saat ini telah banyak menerima surat dari para amirul muminin, dan kami sungguh tidak mengetahui pilihan mana yang harus dilaksanakan terlebih dahulu, serta kami telah membaca agenda kegiatan yang bertanggakan Sya’ban, namun kami tidak tahu pasti Sya’ban mana yang dimaksud, apakah Sya’ban yang jatuh pada tahun ini atau Sya’ban pada tahun depan.

Menurut Abu Hasan Al-Atsari dalam bukunya Bidayah wa Nihayah Juz III, Khalifah Umar bin Al-Khathab menjadikan persoalan yang dihadapi Abu Musa Al-Asy’ari itu sebagai suatu persoalan yang penting, dan sebagai penentu kebijakan perlu sekiranya ia membuat  ketetepan Kalender yang seragam antara satu sama lainnya agar dapat dipergunakan untuk keperluan admisistrasi dan keperluan ummat dalam kehidupan.
Khalifah Umar bin Khattab mengumpulkan para sahabat dan mengadakan musyawarah untuk menentukan hal apa atau peristiwa apa yang paling tepat sebagai patokan awal tahun Islam tersebut, hingga keluarlah empat opsi : Pertama : Hari Kelahiran Rasulullah SAW sebagai awal tahunn Hijriah,  Kedua :  Hari Wafatnya Rasulullah SAW, Ketiga : Hari dimana ketika Rasulullah SAW menerima wahyu pertama dan merupakan awal tugas kenabiannya dan yang keempat : Peristiwa Hijrah Rasulullah SAW dan para sahabat dari Makkah ke Madinah.

Dengan ijtihad khalifah dan para sahabat ketika itu, peristiwa Hijrah lah yang menjadi tumpuan akhir, sehingga keputusanpun diambil dengan dengan bijak berasaskan musyawarah, menentukan Hijrah Rasulullah SAW yaitu 1 Muaharram, sebagai peristiwa yang paling tepat untuk mengawali sistem penanggalan Hijriah.
Pada tahun 638 M (17 H), Khalifah Umar bin Khatab menetapkan awal patokan Kalender Hijriah dengan menghilangkan seluruh bulan-bulan tambahan (interkalasi) dalam periode 9 tahun. Tanggal 1 Muharam Tahun 1 Hijriah bertepatan dengan tanggal 16 Juli 622 , dan tanggal ini bukan berarti tanggal Hijrahnya Nabi Muhammad. Peristiwa Rasulullah SAW terjadi bulan September 622.
Menentukan peristiwa Hijrah sebagai awal dari penaggalan Hijriah mengandung makna historis yang sangat dalam. Imam Sakhawi dalam kitabnya Al-I’laan bi al-tawbikh liman dzamma al-Tarikh mengatakan bahwa bulan Muharram sebagai awal bulan penanggalan  Hijriah karena niat Rasulullah SAW untuk berhijrah sudah ada sejak bulan tersebut (Muharram), inilah maka penentuan Hijrah sebagai awal Hijriah adalah sangat tepat, mengingat nilai, hikmah dan tauladan dari peristiwa tersebut.
Dan penanggalan Hijriah mengingatkan kepada seluruh ummat Islam bahwasanya setiap tahun bukanlah kepada kejayaan dan kebesaran Islam namun kepada pengorbanan (Nabi dan sahabatnya) dan mengingatkan mereka agar melakukan hal yang sama.

Identitas Ummat
Sebagai Agama rahmatan lil’alamin, identitas ummat Islam adalah inti utama daripada kemajuan risalah Islam. Identitas inilah yang menujukan eksistensi dan ukhuwah Islamiyah terhadap tantangan peradaban ummat dimasa sekarang dan akan datang.
Sebagai sebuah identitas, penanggalan Hijriyah terlihat dalam system birokrasi dan administrasi umat, karya-karya ilmiah yang dilahirkan oleh ilmuan Islam menggunakan penanggalan Hijriah, hingga saat ini  mayoritas umat Islam di beberapa Negara telah menggunakan penanggalan Hijriah.
Inilah awal dari Wacana  Kebudayaan dan Peradaban Islam serta perjuangan dalam menegakan risalah Islam, Sehingga transformasi nilai-nilai Hijriah sebagai sebuah identitas ummat sangat penting, dengan mengambil hikmah dan tauladan yang terkandung di balik peristiwa Hijrah yang dijadikan momentum awal perhitungan Tahun Hijriah.
Kita sepakat bahwa penanggalan Hijriah adalah identitas umat oleh karena umat Islam dimana saja, memiliki sejarah yang sama, yaitu sejarah Islam dan sejarah peradaban Islam, agama yang sama yaitu agama Islam,  kultur yang sama yaitu kultur Islam dan banyak lagi persamaan antara umat Islam di seluruh dunia.
Selain itu penanggalan Hijriah sebagai era baru pengembangan Islam, mengandung makna spiritual dan nilai historis yang amat tinggi harganya bagi agama dan umat Islam. Sebagai contoh yang dikemukakan oleh Sidi Gazalba dalam bukunya kebangkitan Islam dalam Pembahasan  1979, jalinan ukhuwah yang terjadi antara kaum Anshor dan Muhajirin ketika dalam perjalan Hijrah bersama Rasulullah SAW, Ukhuwah mereka melahirkan integrasi umat Islam yang kokoh dan mereka membuktikan bahwa Ukhuwah Islamiyah  bisa membawa ummat Islam jaya dan disegani.
Oleh sebab itu, penggunaan penaggalan Hijriah perlu untuk di terapkan dalam struktur kehidupan  ummat Islam, dengan menerapkan pananggalan Hijriah sebagai pedoman individu dan kelompok serta menyelami makna, hikmah, nilai dan tauladan yang terkandung dalam peristiwa Hijrah yang merupakan awal tahun baru Islam (Hijriah), dengan itu identitas ummat akan terjaga dan solid dalam menyongsong peradaban Islam yang bermartabat.
Belajar dari fenomena diatas ummat Islam harus kembali kepada Al-Qur’an, Sunnah dan peristiwa-perstiwa Sejarah Islam, dari sejarah inilah ummat Islam akan menemukan nilai-nilai spiritual dan perjuangan membela agama Allah (An-Nahl ayat 41-42), menjadikan Al-qur’an dan Sunnah sebagai sandaran, Tauhid sebagai tujuan dan Syariah Islamiyah sebagai pedoman hidup dan itulah identitas ummat Islam sebenarnya.
Wallahu A’lam bi Ash-Shawab.



Nama bulan-bulan dalam kalender islam

Sistem penanggalan yang dipakai sudah memiliki tuntunan jelas di dalam Al Qur'an, yaitu sistem kalender bulan (qomariyah). Nama-nama bulan yang dipakai adalah nama-nama bulan yang memang berlaku di kalangan kaum Quraisy di masa kenabian. Namun ketetapan Allah menghapus adanya praktek interkalasi (Nasi'). Praktek Nasi' memungkinkan kaum Quraisy menambahkan bulan ke-13 atau lebih tepatnya memperpanjang satu bulan tertentu selama 2 bulan pada setiap sekitar 3 tahun agar bulan-bulan qomariyah tersebut selaras dengan perputaran musim atau matahari. Karena itu pula, arti nama-nama bulan di dalam kalender qomariyah tersebut beberapa di antaranya menunjukkan kondisi musim. Misalnya, Rabi'ul Awwal artinya musim semi yang pertama. Ramadhan artinya musim panas.

Praktek Nasi' ini juga dilakukan atau disalahgunakan oleh kaum Quraisy agar memperoleh keuntungan dengan datangnya jamaah haji pada musim yang sama di tiap tahun di mana mereka bisa mengambil keuntungan perniagaan yang lebih besar. Praktek ini juga berdampak pada ketidakjelasan masa bulan-bulan Haram. Pada tahun ke-10 setelah hijrah, Allah menurunkan ayat yang melarang praktek Nasi' ini:

"Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram..." [At Taubah (9): 38]

"Sesungguhnya mengundur-undurkan bulan haram itu adalah menambah kekafiran. Disesatkan orang-orang yang kafir dengan mengundur-undurkan itu, mereka menghalalkannya pada suatu tahun dan mengharamkannya pada tahun yang lain, agar mereka dapat mempersesuaikan dengan bilangan yang Allah mengharamkannya, maka mereka menghalalkan apa yang diharamkan Allah... " [At Taubah (9): 39]

Dalam satu tahun ada 12 bulan dan mereka adalah:

  1. Muharram

  2. Shafar

  3. Rabi'ul Awal

  4. Rabi'ul Akhir

  5. Jumadil Awal

  6. Jumadil Akhir

  7. Rajab

  8. Sya'ban

  9. Ramadhan

  10. Syawal

  11. Dzulqa'idah

  12. Dzulhijjah


Sedangkan 4 bulan Haram, di mana peperangan atau pertumpahan darah di larang, adalah: Dzulqa'idah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab.

Peristiwa Hijrah sebagai tonggak Kalender Islam

Masalah selanjutnya adalah menentukan awal penghitungan kalender islam ini. Apakah akan memakai tahun kelahiran Nabi Muhammad saw., seperti orang Nasrani? Apakah saat kematian beliau? Ataukah saat Nabi diangkat menjadi Rasul atau turunnya Al Qur'an? Ataukah saat kemenangan kaum muslimin dalam peperangan?

Ternyata pilihan majelis Khalifah 'Umar tersebut adalah tahun di mana terjadi peristiwa Hijrah. Karena itulah, kalender islam ini biasa dikenal juga sebagai kalender hijriyah. Kalender tersebut dimulai pada 1 Muharram tahun peristiwa Hijrah atau bertepatan dengan 16 Juli 662 M. Peristiwa hijrah Nabi saw. sendiri berlangsung pada bulan Rabi'ul Awal 1 H atau September 622 M.

Pemilihan peristiwa Hijrah ini sebagai tonggak awal penanggalan islam memiliki makna yang amat dalam. Seolah-olah para sahabat yang menentukan pembentukan kalender islam tersebut memperoleh petunjuk langsung dari Allah. Seperti Nadwi yang berkomentar:

"Ia (kalender islam) dimulai dengan Hijrah, atau pengorbanan demi kebenaran dan keberlangsungan Risalah. Ia adalah ilham ilahiyah. Allah ingin mengajarkan manusia bahwa peperangan antara kebenaran dan kebatilan akan berlangsung terus. Kalender islam mengingatkan kaum muslimin setiap tahun bukan kepada kejayaan dan kebesaran islam namun kepada pengorbanan (Nabi dan sahabatnya) dan mengingatkan mereka agar melakukan hal yang sama."

____________

Penulis adalah Student Master of Syariah Islamic Science University of Malaysia (USIM), Email :elvansyaputra@gmail.com

sumber  : al-habib.info and islampos.com